Mirza, Aulia (2019) PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. S1 thesis, universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Full - Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Maksud dari pelitian ini adalah sebagai acuan dan referensi dari model pembelajaran era saat ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonekuivalent control group desain yang bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran model RME dan pendekatan STEM dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Negeri 2 Peusangan kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh dengan sampel dipilih dua kelas dari delapan kelas yang tersedia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Realistic Mathematic Education (RME) dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Selisih perbedaaan hingga 31%, kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen yang menerapkan model RME dengan pendekatan STEM meningkat lebih baik dari pada kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvesional, sehingga dengan adanya peningkatan kemapuan berpikir kritis, siswa lebih siap dalam menghadapi dan berkompetisi di era revolusi industri 4.0. Kata kunci: Berpikir kritis matematis, Era revolusi industri 4.0, Model pembelajaran RME, Pendekatan STEM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Abraham Oktavianus Rumbewas
Date Deposited: 15 Nov 2024 08:24
Last Modified: 15 Nov 2024 08:24
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7465

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by