RISKI, ASAL (2019) RESPONSIBILITAS PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN OBYEK WISATA (Studi di Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues). S1 thesis, universitas Malikussaleh.
Text
Abstrak.pdf Download (13kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (39kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
Text
FULL - TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah salah satunya adalah pelayanan kepariwisataan. Pemerintah daerah telah membangun fasilitas di obyek wisata sebagai sarana didalam memenuhi pelayanan akan kebutuhan para wisatawan, salah satunya adalah obyek wisata kolam biru rerebe Kabupaten Gayo Lues. Pemerintah daerah harus bertanggungjawab terhadap pemberian pelayanan kepariwisataan yang memuaskan kepada para wisatawan, namun dalam pemberian pelayanan yang dilakukan masih terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi seperti kelalaian dalam perawatan fasilitas yang telah dibangun sehingga pada akhirnya fasilitas tersebut rusak dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, dibutuhkan responsibilitas dari pemerintah daerah, karena responsibilitas merupakan bukti instansi pemerintah bertanggungjawab dalam melaksanakan pelayanan kepada wisatawan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis responsibilitas pemerintah daerah dalam pengelolaan obyek wisata di Dinas Pariwisata. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan sekitar 4 bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa responsibilitas pemerintah daerah dalam pengelolaan obyek wisata kolam biru rerebe masih ada kekurangan yang harus diperbaiki, hasil penelitian berdasarkan tipe responsibilitas menurut Terry L Cooper (1998) ada beberapa kekurangan yang ditemukan, diantaranya pegawai yang tidak profesional dalam melayani, fasilitas kurang terawat, tranparansi pendapatan obyek wisata, koordinasi antar pihak terkait lemah dan hambatan seperti terbatasnya anggaran, terbatasnya SDM profesional dibidangnya, jalan yang rusak, kesadaran pola pikir masyarakat, serta kesadaran pengunjung yang di alami oleh Dinas Pariwisata Kabupaten gayo Lues. Kata Kunci: Responsibilitas, Pelayanan Publik, Pemerintah Daerah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Pascasarjana > 63103 - Magister Administrasi Publik |
Depositing User: | Abraham Oktavianus Rumbewas |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 08:36 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 08:36 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7464 |
Actions (login required)
View Item |