KIKI, M PUTRI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 DEWANTARA MENGGUNAKAN TAHAPAN MASON. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Skripsi_Kiki_M_Putri[1]-1.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Skripsi_Kiki_M_Putri[1]-6.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Skripsi_Kiki_M_Putri[1]-12-18.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Skripsi_Kiki_M_Putri[1]-91-93.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Skripsi_Kiki_M_Putri[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah menyebabkan siswa kurang mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan sehingga proses belajar mengajar matematika tidak mencapai tujuan hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 3 Dewantara menggunakan tahapan Mason pada materi Perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek 6 orang siswa kelas VII 1 SMP Negeri 3 Dewantara yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan tahapan Mason berdasarkan tingkat kemampuan yaitu 2 orang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang siswa berkemampuan sedang dan 2 orang siswa berkemampuan rendah. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan tahapan Mason dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memenuhi 2 tahap pemecahan masalah tahapan Mason yaitu tahap entry yang dimulai dari fase know, want dan introduce dan tahap attack yang dimulai dari fase try, maybe dan why, siswa berkemampuan sedang memenuhi 2 tahap pemecahan masalah tahapan Mason yaitu tahap entry dimulai dari fase know, want dan introduce, dan tahap attack dimulai dari fase try, maybe dan why kecuali pada soal nomor 3 dan siswa dengan kemampuan rendah hanya memenuhi tahap entry yang dimulai dari fase know, want dan introduce. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, tahapan Mason, perbandingan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairiati Khairiati
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:47
Last Modified: 11 Nov 2024 07:47
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7406

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by