MUNADHIL, IRFAN (2024) ANALISA PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP EFEKTIFITAS PENGGUNA JALAN KABUPATEN BIREUEN (STUDI KASUS RUAS JALAN T. HAMZAH BENDAHARA). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
IRFAN MUNADHIL_170110161_COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
IRFAN MUNADHIL_170110161_ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
IRFAN MUNADHIL_170110161_BAB 1.pdf

Download (105kB)
[img] Text
IRFAN MUNADHIL_170110161_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text
IRFAN MUNADHIL_170110161_ANALISA PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP EFEKTIFITAS PENGGUNA JALAN KABUPATEN BIREUEN (STUDI KASUS RUAS JALAN T. HAMZAH BENDAHARA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Bireuen merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh. Dalam perkembangannya, Kabupaten Bireuen mengalami banyak sekali kemajuan baik dalam segi perekonomian, pendidikan dan pariwisata dan ini mempengaruhi bertambahnya jumlah penduduk serta kebutuhan masyarakat terhadap transportasi, dan meningkat kepemilikan kendaran masyarakat. Jalan T. Hamzah Bendahara adalah salah satu jalan yang ada di bireuen dengan kondisi kedua sisi jalan dipenuhi pertokoaan, Rumah sakit, dan lokasi wisata kuliner yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup, akibanya membuat banyak kendaraan parkir di badan jalan dan menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hambatan samping yang terjadi pada Jalan T. Hamzah Bendahara terhadap efektifitas pengguna jalan dan untuk mengetahui bagaimana kinerja ruas Jalan akibat adanya hambatan samping. Data primer dibutuhkan berupa volume lalu linta, hambatan samping dan data geometrik jalan. Data sekunder berupa peta situsi lokasi, studi literatur dan data penduduk. Berdasarkan hasil analisis efektifitas kinerja ruas jalan sangat berpengaruh terhadap adanya aktifitas hambatan samping. Faktor yang berpengaruh pada kinerja ruas jalan disebabkan oleh parkir di badan jalan sebesar 31%, kendaraan yang keluar masuk sebesar 26%, pejalan kaki sebesar 7% dan kendaraan bergerak lambat/ kendaraan tak bermotor sebesae 1%. Kinerja ruas jalan untuk arah A-B dengan nilai DJ sebesar 0,4 termasuk dalam kategori tingkat pelayanan C artinya arus lalu lintas dalam keadaan stabil, kepadatan lalu lintas sedang dan kecepatan kendaraan dibatasi antara 80-90 km/jam, Sedangkan untuk C-D nilai Dj sebesar 0,5 termasuk dalam kategori tingkat pelayanan C artinya arus lalu lintas dalam keadaan stabil, kepadatan lalu lintas sedang dan kecepatan kendaraan dibatasi antara 80-90 km/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: IRFAN MUNADHIL NURUDDIN
Date Deposited: 31 Oct 2024 08:49
Last Modified: 31 Oct 2024 08:49
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7234

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by