MUTIA, RATNA (2018) KELUHAN PASIEN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN MEDIS DI RSUD dr. FAUZIAH BIREUEN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (37kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (93kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (393kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (326kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini mengakaji keluhan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis di RSUD dr. Fauziah Bireuen. Fokus utama dalam penelitian ini adalah keluahan pasien tentang ketidakjelasan alur antara pasien rumah sakit dengan pasien pribadi dokter, dan upaya yang dilakukan oleh pihak RSUD dr. Fauziah Bireuen dalam meningkatkan pelayanan medis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional yang dikembangkan oleh James S.Coleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluhan pasien dalam mendapatkan pelayanan masih terjadi sampai saat ini bahkan pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis tidak memenuhi harapan pasien. Hal ini disebabkan karena telatnya dokter dalam memeriksa pasien hal tersebut yang masih dirasa kurang oleh pasien sehingga perlu adanya peningkatan yang harus diperbaiki dan masih terdapat pasien yang ditangani oleh perawat karena diakibatkan kurangnya dokter yang tersedia di RSUD dr. Fauziah Bireuen karena diakibatkan kurangnya Sumber Daya Manusia yang tersedia sehingga menyebabkan kurangnya pelayanan dan manajemen rumah sakit yang tidak sesuai prosedur yang ditetapkan. Akan tetapi pihak RSUD dr. Fauziah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang ada pada rumah sakit dengan meningkatkan manajemen pelayanan dan pelatihan-pelatihan bagi tenaga kesehatan, memberikan peluang yang lebih terbuka kepada para pegawai untuk melanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi. Jika dikaitkan dengan teori pilihan rasional maka dapat dikatakan bahwa keputusan pasien yang tetap berobat pada RSUD dr. Fauziah Bireuen dilandaskan pada falsafah untung rugi yang kapitalistik serta faktor lainnya seperti kelengkapan fasilitas dalam ruangan, kelengkapan sarana telekomunikasi, ketersediaan tempat duduk yang nyaman dan luas, penampilan pegawai atau perawat bersih dan rapi, kelengkapan tempat informasi mengenai alur pelayanan, serta tidak ada pilihan lain, jadi walaupun dokter telat terpaksa pasien menunggu. Selain itu fasilitas kesehatan rujukannya menganjurkan ke Rumah Sakit tersebut sehingga pasien tidak ada pilihan lain. Kata Kunci : Keluhan Pasien, Pelayanan Medis dan Kesehatan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201 - Jurusan Sosiologi |
Depositing User: | Mhd. Aqil Al Fikri |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 01:55 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 01:55 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7136 |
Actions (login required)
View Item |