miraida, reza (2024) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KK (KARTU KELUARGA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas malikussaleh.

[img] Text
COVER-13.pdf

Download (47kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
bab 1....pdf

Download (103kB)
[img] Text
dapus.....pdf

Download (91kB)
[img] Text
skripsi dodo gabungan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lhokseumawe memiliki peranan dalam memberikan pelayanan pembuatan Kartu Keluarga. Hal ini merujuk pada Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Kependudukan salah satunya Kartu Keluarga yaitu kartu tanda penduduk yang memuat nama anggota keluarga, kekerabatan, status anggota keluarga, dan keterangan lain. Permasalahan penelitian ini yaitu pelayanan pembuatan Kartu Keluarga belum maksimal sehingga sering dikeluhkan oleh masyarakat seperti proses pembuatan yang lama sedangkan masyarakat membutuhkan segera untuk keperluannya. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini untuk memahami kualitas pelayanan Kartu Keluarga pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lhokseumawe dan faktor penghambat pada pelayanan pembuatan kartu keluarga. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Kotler dan Keller yaitu (a) tangibility, (b) relialibility dan (c) responsiveness. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan. Kualitas pelayanan Kartu Keluarga pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Lhokseumawe yaitu (a) relialibility dilihat kemampuan memberikan pelayanan dalam penerbitan Kartu Keluarga belum sepenuhnya tepat waktu, namun sesekali prosesnya lebih lama, (b) tangibility dilihat dari fasilitas sudah memadai, dan tenaga kerja sudah tersedia di berbagai bidang sehingga bisa menerbitkan Kartu Keluarga. Juga tersedia saluran komunikasi melalui papan pengumuman, penyampaian langsung dan website dalam menyampaikan informasi tentang pengurusan Kartu Keluarga, dan (c) responsiveness dilihat dari respon Disdukcapil dalam pengurusan Kartu Keluarga sudah berjalan sesuai prosedur, namun demikian mereka juga melayani masyarakat di luar prosedur untuk membantu mempercepat penerbitan Kartu Keluarga. Faktor penghambat pada pelayanan pembuatan kartu keluarga di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lhokseumawe yaitu (a) tenaga kerja yang terbatas dan fasilitas penunjang belum memadai sehingga menghambat petugas memberikan pelayanan, (b) hambatan teknis yaitu gangguan server pusat Kemendagri dan jaringan listrik yang tidak stabil, (c) tenaga kerja bagian administrasi database kependudukan yang mengelola SIAK berjumlah sedikit sehingga pelayanan tidak optimal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: reza miraida
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:37
Last Modified: 24 Oct 2024 04:37
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7044

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by