SETIAWAN, NANANG (2024) PENGARUH KECEPATAN POTONG DAN CAIRAN PENDINGIN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA AISI 4340 PADA PROSES BUBUT KONVENSIONAL. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
NANANG SETIAWAN_180120055_Cover.pdf

Download (255kB)
[img] Text
NANANG SETIAWAN_180120055_Abstrak.pdf

Download (260kB)
[img] Text
NANANG SETIAWAN_180120055_Bab I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
NANANG SETIAWAN_180120055_Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)
[img] Text
NANANG SETIAWAN_180120055_Pengaruh Kecepatan Potong dan Cairan Pendingin Terhadap Kekasaran Permukaan Baja AISI 4340 Pada Proses Bubut Konvensional.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pada proses pembubutan pemilihan pahat dan cairan pendingin yang tepat akan memberikan dampak terhadap kekasaran permukaan sebuah produk yang akan dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan potong dan kecepatan cairan pendingin dalam menurunkan nilai kekasaran permukaan yang dihasilkan dari proses pembubutan baja AISI 4340. Penelitian ini menggunakan pahat karbida (carbide) dengan cairan pendingin soluble oil dengan variasi posisi bukaan katup (20°, 40°, dan 60°). Proses pembubutan dalam penelitian ini menggunakan mesin bubut konvensional dengan kecepatan spindel 1120 rpm, kedalaman potong 0,2 mm dengan kecepatan pemakanan 0,04 mm/menit. Proses pengambilan nilai kekasaran permukaaan menggunakan alat surface roughness tester mitutoyo SJ-310. Dari hasil pengujian, didapatkan nilai kekasaran permukaan terendah terdapat pada pada posisi bukaan katup 60° pada semua tingkat kecepatan potong. Penggunaan kecepatan potong 84 m/menit mempunyai nilai rata-rata kekasaran permukaan terendah yaitu 0,975 µm. Sedangkan pada dua kecepatan potong lainnya memiliki nilai rata-rata kekasaran permukaan terendah yaitu 1,13 µm dan 1,756 µm. Interaksi antara kecepatan potong dan posisi bukaan katup terlihat paling signifikan pada kecepatan potong (84 m/menit). Pada kecepatan ini, ada penurunan yang signifikan dalam kekasaran permukaan saat bukaan katup meningkat. Pada kecepatan potong (95 m/menit dan 102 m/menit), pengaruh posisi bukaan katup masih terlihat, namun tidak sekuat pada kecepatan potong (84 m/menit).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > 21201 - Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Nanang Setiawan
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:26
Last Modified: 16 Oct 2024 03:26
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6878

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by