SYUHAYA, NANDA (2024) ANALISIS LEARNING OBSTACLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 1 KUALA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

This is the latest version of this item.

[img] Text
cover nanda.pdf

Download (137kB)
[img] Text
abstak nanda.pdf

Download (10kB)
[img] Text
bab 1 nanda.pdf

Download (377kB)
[img] Text
daftar pustaka nanda.pdf

Download (235kB)
[img] Text
SKRIPSI NANDA SYUHAYA (200710026).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Learning obstacle yang dialami siswa menyebabkan siswa masih sulit menyelesaikan permasalahan matematis. Learning obstacle yang dialami setiap siswa juga berbeda-beda berdasarkan dari tingkat kemampuan siswa tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika di SMP Negeri 1 Kuala. Adapun learning obstacle yang akan dibahas adalah epistemological obstacle. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/ verification). Subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Kuala yang dipilih berdasarkan hasil jawaban tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah yang diwakili oleh 1 orang siswa pada setiap kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi mengalami epistemological obstacle prosedural dan teknik operasional. Selanjutnya, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang mengalami epistemological obstacle prosedural dan teknik operasional. Sedangkan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah mengalami epistemological obstacle konseptual, prosedural dan teknik operasional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: NANDA SYUHAYA
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:19
Last Modified: 23 Sep 2024 04:19
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6249

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by