FEBRIANSYAH, MUHAMMAD (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ARUN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
cover.pdf Download (42kB) |
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (33kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
SKRIPSI_CETAK.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan penalaran matematik peserta didik disebabkan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan penggunaan teknologi yang masih jarang digunakan untuk proses pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, perlu diterapkan model pembelajaran dan penggunaan teknologi yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran, salah satunya model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Software GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan Software GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri Modal Bangsa Arun. Sampel yang dipilih adalah kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-5 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematika peserta didik yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil pengujian non parametrik uji Mann Whitney U hipotesis menunjukkan bahwa nilai asym sig (2-tailed) adalah 0,000. Maka dapat disimpulkan peningkatan kemampuan penalaran matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan software GeoGebra lebih tinggi dari pada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi persamaan garis singgung lingkaran. Kata kunci: Kemampuan penalaran matematika, Discovery Learning, Software GeoGebra.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | rian muhammad febriansyah mf |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:43 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:43 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6198 |
Actions (login required)
View Item |