Hasanah, Tisatun (2023) PENGARUH PERUBAHAN SUHU TERHADAP TEGANGAN DAN DEFORMASI PADA JEMBATAN KERETA API RANGKA BAJA (Studi Kasus: Jembatan Kereta Api Blang Keude Berbentang 39.1 m). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
TISATUN HASANAH_190110040_COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
TISATUN HASANAH_190110040_Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
TISATUN HASANAH_190110040_BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
TISATUN HASANAH_190110040_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
TISATUN HASANAH 190110040_Pengaruh Suhu Terhadap Tegangan dan Deformasi Pada Jembatan Kereta Api Rangka Baja (Studi Kasus; Jembatan Kereta Api Blang Keude Berbentang 39.1 m).pdf

Download (9MB)

Abstract

Jembatan rangka baja sering difungsikan untuk mengakomodir beban lalu lintas kereta api seperti melintasi sungai dan lembah. Pada jembatan kereta api rangka baja, suhu lingkungan dapat mempengaruhi perilaku struktur jembatan. Perubahan suhu yang dapat menyebabkan terjadinya tegangan dan deformasi pada rangka baja jembatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan suhu terhadap tegangan dan deformasi yang terjadi pada jembatan kereta api rangka baja dan melihat perbandingan hasil uji aktual dengan hasil analisis numerik. Pada analisis numerik, dengan menggunakan variasi perubahan suhu sesuai dengan data pengujian aktual yang dilakukan dengan bantuan software STAAD.Pro V8i dan kondisi tumpuan sendi-rol dalam keadaan perfect. Berdasarkan hasil analisis, batang yang mengalami perubahan tegangan yang signifikan terjadi pada batang gelagar melintang di atas tumpuan sendi. Pada gelagar tersebut, menunjukan tegangan terjadi tegangan positif ke negatif akibat pengaruh perubahan suhu yang semakin meningkat. Tegangan yang terjadi pada suhu 27.6oC sebesar 2.46 MPa dan menurun menjadi -1.75 MPa pada suhu 43.6oC. Sementara itu, tegangan yang terjadi pada gelagar melintang diatas tumpuan rol adalah tegangan tekan yang meningkat dengan naiknya perubahan suhu. Perpindahan yang terjadi pada tumpuan rol menunjukan bahwa perpindahan semakin memanjang akibat perubahan suhu semakin meningkat. Untuk Defleksi yang terjadi di tengah bentang menunjukan bahwa defleksi yang terjadi semakin kecil dengan naiknya perubahan suhu dengan selisih yang tidak signifikan. Pada penelitian ini, perbandingan tegangan dan deformasi yang terjadi pada data uji aktual dan analisis numerik memiliki selisih yang signifikan yang kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor irregularitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Tisatun Hasanah
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:23
Last Modified: 13 Feb 2024 02:23
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by