AINI, KURATUL (2024) STRATEGI PELAYANAN PRODUK TABUNGAN EMAS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH UPS MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER KURATUL AINI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB I (Satu).pdf

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI KURATUL AINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “strategi pelayanan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Syariah UPS Meureudu Kabupaten Pidie Jaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana strategi PT. Pegadaian Syariah UPS Meureudu dalam meningkatkan pelayanan produk tabungan emas di Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan beberapa tahap yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Syariah UPS Meureudu dalam meningkatkan pelayanan produk tabungan emas dengan menggunakan teori Geoff Mulgan (2009) terdapat lima indikator strategi terdiri dari tujuan (purposes), lingkungan (environment), pengarahan (direction), tindakan (action), dan pembelajaran (learning). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dimana PT. Pegadaian Syariah UPS Meureudu dalam meningkatkan produk tabungan emas menggunakan 5 strategi yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan lokasi. Keempat strategi tersebut sudah terlaksana dengan baik terlihat pada pembuatan merek dan motto tabungan emas sudah ditetapkan oleh pihak pegadaian, harga yang ditawarkan dari produk tabungan emas yang terjangkau di semua kalangan masyarakat dan lokasi/tempat yang strategis membuat masyarakat lebih tertarik terhadap PT. Pegadaian Syariah UPS Meureudu. Sementara itu, strategi promosi yang dilakukan melalui media sosial masih kurang efektif karena masih banyak masyarakat yang awam terkait media sosial. Adapun faktor pendukung yang membuat produk tabungan emas PT. Pegadaian Syariah UPS Meureudu terus meningkat yaitu kepuasan nasabah dan memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah memberikan dampak positif terhadap pihak pegadaian dengan memperoleh banyak nasabah. Kata Kunci: Strategi, Pelayanan Publik, Tabungan Ema

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Kuratul Aini
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:16
Last Modified: 11 Sep 2024 03:16
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by