SETIANINGSIH, T. ERNA (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI PELANGGAN, KETERLIBATAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDOMARET KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER T. Erna Setianingsih-200410318.pdf Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK T. Erna Setianingsih-200410318.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB 1 T. Erna Setianingsih-200410318.pdf Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR REFERENSI T. Erna Setianingsih-200410318.pdf Download (5MB) |
|
Text
FULL-TEXT T. Erna Setianingsih 200410318.pdf Restricted to Registered users only Download (31MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, persepsi pelanggan, dan keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada Indomaret Kota Lhokseumawe. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah membeli lebih dari 1x di Indomaret Kota Lhokseumawe. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah nonprobability sampling dan jenis sampling yaitu convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 125 responden.Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tiga, yaitu variabel dependen (Y), variabel independen (X), dan variabel intervening (Z). variabel dependen dalam penelitian ini adalah loyalitas pelanggan. Untuk variabel independen dalam penelitian ini ada tiga, yaitu kualitas layanan, persepsi pelanggan, dan keterlibatan pelanggan. Sedangkan variabel intervening dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan berganda, analisis jalur path, dan uji sobel, sedangkan pengolahan data menggunakan program SPSS 29.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, persepsi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan keterlibatan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dapat memediasi kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan dapat memediasi persepsi pelanggan, dan kepuasan pelanggan dapat memediasi keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen |
Depositing User: | T. Erna Setianingsih |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:07 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:07 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5910 |
Actions (login required)
View Item |