AULIA, ANNISA (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PENJUALAN PADA PABRIK TEMPE SUNAN DI KECAMATAN HAMPARAN PERAK, KABUPATEN DELI SERDANG. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER ANNISA AULIA.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK ANNISA AULIA.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB 1 ANNISA AULIA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAPUS ANNISA AULIA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SKRIPSI REVISI pak riyan1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memfokuskan pada strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Pabrik Tempe Sunan, yang mana pada awal penelitian ditemukan bahwa kurangnya promosi dan naiknya harga menyebabkan terjadinya penurunan pembuatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi bauran pemasaran, mengetahui faktor-faktor pendukung dan pemnghambat, dan mengetahui strategi yang digunakan ketika harga kedelai naik di Pabrik Tempe Kedelai Sunan Di Desa Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bagian harga, naiknya harga kedelai sangat berpengaruh pada penjualannya. Pada bagian produk kepuasan pelanggan mengacu pada ukuran tempe, namun pada ukuran tempe dinormalkan pada saat kacang kedelai harganya naik, promosi yang digunakan pada pabrik tempe sunan untuk meningkatkan salah satu peningkatan penjualan. Promosi yang digunakan pada pada pabrik tempe dengan menambahkan label pada kemasan produk tempe. Lokasi pada pabrik tempe jauh dari keramaian karena usaha ini adalah usaha rumahan. Berdirinya pabrik tempe sunan saat ini melihat dari aspek akses atau ketersediaan air bersih, pada lokasi penelitian mengikuti aspek teknologi komunikasi, kemitraan lokal, dan pengelolaan efesien. Adapun strategi pemilik pabrik dalam menghadapi naiknya harga kedelai yaitu dengan memperkecil bungkus kemasan dan menurunkan timbangan, dan menormalkan timbangan dan pembungkusan ketika harga kedelai sudah normal kembali. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dampak positif yang didapatkan oleh pabrik tempe ini ialah tidak mengalami kerugian yang sangat banyak yang disebabkan naiknya harga kedelai. Dampak negatif yang dialami oleh pabrik tempe ini ialah kurangnya pemasaran pada bagian promosi sehingga produk tempe ini tidak banyak dikenal oleh masyarakat lain. Kata Kunci: Tempe Sunan, Deli Serdang, Bauran Pemasaran,Penjualan, Promosi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63211 - Jurusan Administrasi Bisnis
Depositing User: ANNISA AULIA
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:30
Last Modified: 04 Sep 2024 04:30
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5678

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by