Ramadhana, Tri Wahyu (2024) LITERASI DIGITAL REMAJA DESA TUNTUNGAN I DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER wahyu.pdf Download (57kB) |
|
Text
Abstrak Wahyu.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB 1 wahyu.pdf Download (314kB) |
|
Text
DAftar Pustaka wahyu.pdf Download (428kB) |
|
Text
File Skripsi Sidang Tri Wahyu Ramadhana_200740052.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tri Wahyu Ramadhana: Literasi Digital Remaja Desa Tuntungan I dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaleh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengukur tingkat kesadaran remaja desa Tuntungan I akan pentingnya literasi digital dalam memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran, dan menganalisis ketergantungan remaja terhadap media sosial yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 03 sampai 13 Juni tahun 2024 di Desa Tuntungan I, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner/angket. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 remaja yang digolongkan berdasarkan tingkat usianya. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu remaja di Desa Tuntungan I telah menunjukkan kemahiran dalam menggunakan media digital, seperti PowerPoint dan Infokus untuk mempresentasikan hasil diskusi. Hal ini mencerminkan keterampilan mereka dalam mendukung teknologi sebagai alat pembelajaran yang penting di lingkungan sekolah. Platform media sosial yang sering digunakan oleh remaja Desa Tuntungan I untuk mencari informasi adalah Youtube dan Instagram. Keterampilan mencari informasi remaja desa Tuntungan I menunjukkan ketergantungan yang signifikan terhadap media sosial sebagai sumber informasi, dari hasil kalkulasi dengan responden 87,3% remaja secara aktif menggunakan platform ini untuk tujuan mencari informasi. Meskipun demikian, hanya 60,7% yang berhasil menemukan informasi yang relevan dengan pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia |
Depositing User: | S.Pd Tri Wahyu Ramadhana |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:54 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:54 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5603 |
Actions (login required)
View Item |