Asyifah, Khairiyah (2023) ANALISIS ALIH KODE KOMUNIKASI GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII.4 DI MTs SYAMSUDDHUHA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Asyifah Khairiyah_Cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Asyifah Khairiyah_Abstrak.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Asyifah Khairiyah_BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Asyifah Khairiyah_Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Asyifah Khairiyah_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan guru dan peserta didik melakukan alih kode ketika berkomunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII.4 di MTsS Syamsuddhuha, dan untuk mengetahui bagaimana dampak alih kode komunikasi guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII.4 di MTsS Syamsuddhuha terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII.4 dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII.4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik wawancara dan teknik catat. Serta teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama tentang faktor yang mempengaruhi alih kode komunikasi guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII.4 di MTsS Syamsuddhuha ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode antara guru dan peserta didik meliputi: penutur, lawan tutur, perubahan situasi dengan hadirnya orang ketiga, perubahan topik pembahasan, dan tujuan tuturan. Kedua dampak alih kode komunikasi guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII.4 di MTsS Syamsuddhuha terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu tidak berdampak terhadap minat belajar peserta didik terhadap pelajaran bahasa Indonesia namun alih kode yang terjadi hanya berdampak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia
Depositing User: ASYIFAH ASYIFAH KHAIRIYAH
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:50
Last Modified: 03 Sep 2024 03:50
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by