Asyifah, Khairiyah (2023) ANALISIS ALIH KODE KOMUNIKASI GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII.4 DI MTs SYAMSUDDHUHA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Asyifah Khairiyah_Cover.pdf Download (47kB) |
|
Text
Asyifah Khairiyah_Abstrak.pdf Download (217kB) |
|
Text
Asyifah Khairiyah_BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text
Asyifah Khairiyah_Daftar Pustaka.pdf Download (247kB) |
|
Text
Asyifah Khairiyah_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan guru dan peserta didik melakukan alih kode ketika berkomunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII.4 di MTsS Syamsuddhuha, dan untuk mengetahui bagaimana dampak alih kode komunikasi guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII.4 di MTsS Syamsuddhuha terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII.4 dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII.4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik wawancara dan teknik catat. Serta teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama tentang faktor yang mempengaruhi alih kode komunikasi guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII.4 di MTsS Syamsuddhuha ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode antara guru dan peserta didik meliputi: penutur, lawan tutur, perubahan situasi dengan hadirnya orang ketiga, perubahan topik pembahasan, dan tujuan tuturan. Kedua dampak alih kode komunikasi guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII.4 di MTsS Syamsuddhuha terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu tidak berdampak terhadap minat belajar peserta didik terhadap pelajaran bahasa Indonesia namun alih kode yang terjadi hanya berdampak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia |
Depositing User: | ASYIFAH ASYIFAH KHAIRIYAH |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:50 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:50 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5599 |
Actions (login required)
View Item |