Hanum R, Nadila (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (52kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (35kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (144kB) |
|
Text
Daftar Pustaka .pdf Download (159kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan suatu permasalahan yaitu rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran matematika. Demikian diberikan solusi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan Geogebra yang mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan Geogebra terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Pendekatan penelitian berbentuk kuantitatif yang berjenis eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Lhokseumawe, sedangkan sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan non tes. Tes sendiri menggunakan 4 butir soal essay yang memuat kemampuan koneksi matematis dan non tes yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru guna mengetahui kesesuaian model pembelajaran dan pengajaran yang dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dimasing-masing kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikan statistik nilai asymp sig (2-tailed) adalah 0.00 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan Geogebra terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi lingkaran. Jika dilihat dari skor n-gain kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas yang diberikan perlakukan atau kelas eksperimen lebih baik daripada siswa pada kelas kontrol. Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis Siswa, Guided Discovery Learning, Geogebra.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nadila Hanum R |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 08:50 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 08:50 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5574 |
Actions (login required)
View Item |