Maulida, Riski (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (296kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (337kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (700kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
skripsi lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

enelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan intact group comparrison yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya kepasifan siswa terhadap pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Berbantuan Media Mind Mapping terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas X IPAS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPAS 2 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner/ angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil belajar kognitif berupa analisis data awal (uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda), analisis data lanjut (uji normalitas dan uji homogenitas) dan analisis data akhir (uji hipotesis). Uji hipotesis sikap ilmiah menunjukkan nilai signifikansi = 0,000 dengan nilai α = 0,05, maka nilai signifikan < α, H0 ditolak dan Ha diterima dan untuk hasil belajar kognitif siswa diperoleh hasil signifikan dari uji t yaitu 0,001 maka nilai signifikan lebih kecil dari α = 0,05, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) berbantuan media mind mapping terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Riski Maulida
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:32
Last Modified: 02 Sep 2024 03:32
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5524

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by