Harahap, Emi Juliani (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan HOTS dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Emi Juliani Harahap_200730004_Cover.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Emi Juliani Harahap_200730004_Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Emi Juliani Harahap_200730004_BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Emi Juliani Harahap_200730004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Emi Juliani Harahap_200730004_Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan HOTS dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skills siswa, dan (2) untuk mengetahui hubungan antara kemampuan HOTS dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang dipilih adalah purposive sampling berjumlah 56 siswa yaitu 28 siswa kelas XI – IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas XI – IPA 8 sebagai kelas kontrol. Hasil uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan HOTS siswa, yaitu menggunakan uji Independent sample t-test yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan kemampuan HOTS siswa setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning pada materi fluida dinamis. Sedangkan uji hipotesis untuk mengetahui hubungan antara kemampuan HOTS dengan aktivitas belajar siswa menggunakan uji korelasi product momen yang diperoleh nilai koefisiean korelasi 0,601 dengan kategori kuat dan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 ≤ 0,05 maka Ha diterima. Maka, terdapat hubungan yang positif antara aktivitas belajar dengan kemampuan HOTS siswa pada kelas eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan HOTS siswa dan hubungan yang kuat antara kemampuan HOTS dengan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Emi Juliani Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:08
Last Modified: 02 Sep 2024 03:08
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by