Fitri, Desi (2024) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 JANGKA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (253kB)
[img] Text
SKRIPSI DESI FITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki peserta didik, pada setiap aktivitas pembelajaran matematika tidak akan terlepas yang namanya dari penalaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa tergolong rendah, sehingga dibutuhkan pemdekatan pembelajaran kontekstual sebagai solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik di SMP Negeri 2 Jangka. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah non-equivalen postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jangka, dengan sampel yang dipilih 2 kelas dari 5 kelas yang tersedia. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan saintifik. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis siswa yaitu pretest dan postest serta tes GEFT untuk mengelompokkan gaya kognitif peserta didik. Dari hasil analisis nilai postest yang diuji menggunakan uji t-test dengan bantuan software IBM SPSS 25, diperoleh nilai sig. sebesar 0,089, maka nilai sig. > 0,05 berarti H_0 diterima dan H_a ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik di SMP Negeri 2 Jangka dan hasil pengujian product moment memperoleh nilai sig. siswa gaya kognitif field independent yaitu 0,122 dan gaya kognitif field dependent yaitu 0,122, maka nilai sig. >0,05 berarti H_0 diterima dan H_a ditolak. Kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara pendekatan kontekstual dan gaya kognitif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 2 Jangka.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Desi Desi Fitri
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:54
Last Modified: 02 Sep 2024 02:54
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5494

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by