Zahara, Sintia (2024) Pengaruh Proporsi Kendaraan Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Medan-Banda Aceh Cunda Kota Lhokseumawe). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SINTIA ZAHARA_190110036_Cover.pdf

Download (120kB)
[img] Text
SINTIA ZAHARA_190110036_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[img] Text
SINTIA ZAHARA_190110036_BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
SINTIA ZAHARA_190110036_Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
SINTIA ZAHARA_190110036_Pengaruh Proporsi Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Medan-Banda Aceh Cunda Kota Lhokseumawe).pdf

Download (5MB)

Abstract

Jalan Medan-Banda Aceh Cunda merupakan pusat niaga yang karena pergerakan lalu lintas sering dilalui banyak kendaraan baik kendaraan pribadi maupun lalu lintas barang dan penumpang. Maka masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa persentase pengaruh kendaraan terhadap kinerja ruas Jalan Medan-Banda Aceh Cunda Kota Lhokseumawe. Sehigga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kinerja ruas Jalan Medan-Banda Aceh Cunda dan untuk mengetahui nilai jumlah proporsi kendaraan pada Jalan Medan-Banda Aceh Cunda. Penelitian ini dilakukan beberapa survei yaitu survei volume lalu lintas, survei hambatan samping, dan survei kecepatan. Pendekatan ilmiah pada penelitian ini mengacu pada (PKJI 2014). Berdasarkan hasil perhitungan didapat volume lalu lintas pada Jalan Medan-Banda Aceh Cunda, Kota Lhokseumawe, adalah 1398,55 skr/jam, nilai hambatan samping jalan tersebut 294,4 sehingga kelas hambatan samping pada jalan tersebut adlah rendah. Kapasitas pada jalan tersebut adalah 1440,45 skr/jam dan nilai derajat kejenuhan adalah 0,97 sehingga Tingkat pelayanan jalan tersebut adalah E yang artinya dengan kondisi tidak stabil, kecepatan terkadang terhenti permintaan sudah mendekati kapasitas. Proporsi kendaraan yang memengaruhi kinerja ruas lalu lintas untuk kendaraan berat sebesar 4,26%, kendaraan ringan sebesar 29,70%, dan untuk sepeda motor sebesar 79,15%, dalam penelitian ini terlihat bahwa pertumbuhan sepeda motor yang dominan memengaruhi jalan tersebut. Karena Jalan Medan-Banda Aceh Cunda, Kota Lhokseumawe memiliki lebar ruas jalan 7 meter Dimana sepeda motor , kendaraan ringan dan kendaraan berat lainnya melewati jalan tersebut tidak seimbang antara kapasitas jalan dan jumlah kendaraan melewati jalan tersebut. Tingginya proporsi sepeda motor memengaruhi nilai EKR kendaraan ringan dan kendaraan berat, dikarenakan jumlah pengendara motor yang tinggi dan karakteristik pengendara sepeda motor yang cenderung mengemudikan kendaraan dengan pola yang tidak beraturan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: sintia zahara ridwansyah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:54
Last Modified: 07 Feb 2024 03:54
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by