Nazira, Cut Reva (0030) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (17kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (296kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (214kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (409kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa dalam pembelajaran matematika, serta menyebabkan siswa sulit menyelesaikan permasalahan matematis. Sehingga diberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Group to Group Exchange. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuta Makmur. Adapun yang menjadi sampel yaitu siswa kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self efficacy siswa yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Adapun analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney karena ada data yang tidak berdistribusi normal. Kemudian data diolah menggunakan software SPSS versi 25 for windows. Hasil Mann-Whitney diperoleh nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0,034 < 0,05, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Kemudian untuk analisis angket self efficacy siswa berdasarkan uji non parametrik Mann-Whitney diperoleh nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Reva Nazira |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:15 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:15 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5463 |
Actions (login required)
View Item |