Anatasyah, Mia (2024) PENYELESAIAN SENGKETA JUAL BELI MELALUI MARKETPLACE TIKTOKSHOP TERHADAP KETIDAKSESUAIAN BARANG YANG MERUGIKAN KONSUMEN (Studi Penelitian di Aceh Utara). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER SKRIPSI_MIA_ANATASYAH_.pdf Download (84kB) |
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI_MIA_ANATASYAH.pdf Download (72kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI_MIA_ANATASYAH.pdf Download (213kB) |
|
Text
DAPUS SKRIPSI_MIA_ANATASYAH.pdf Download (129kB) |
|
Text
SKRIPSI_MIA_ANATASYAH_200510043[1].pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berkaitan penyelesaian dan kendala jual beli marketplace tiktokshop terhadap ketidaksesuaian barang yang merugikan konsumen. Ketidaksesuaian spesifikasi barang yang diterima dengan barang tertera dalam iklan/foto merupakan bentuk pelanggaran/larangan bagi pelaku usaha dalam memperdagangkan suatu produk yang diperjual belikan. Hak dan kewaiban pelaku usaha dan konsumen diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Pasal 9 Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (UUITE) menentukan bahwa harus disediakannya informasi yang jelas, lengkap dan benar yang berhubungan dengan syarat kontrak. Beberapa masalah yang dibahas pada skripsi ini yaitu kendala yang dihadapi konsumen tidak mendapatkan ganti rugi terhadap barang yang merugikan konsumen, upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen untuk mendapatkan segala haknya dengan tujuan untuk menciptakan pemahaman masyarakat dan meningkatkan kesadaran para pelaku usaha serta bentuk penyelesaian sengketa yang di terapkan oleh para pelaku usaha jual beli online tiktokshop. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perlindungan hukum yang diberikan terhadap konsumen yang menerima barang kualitasnya tidak sesuai dengan yang dipromosikan, dan juga untuk menganalisis penyelesaian sengketa jual beli online Tiktokshop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris atau disebut juga yuridis sosiologi yaitu suatu pendekatan yang didasarkan pada fakta yuridis dan fakta studi lapangan yang ada di masyarakat serta dianalisis dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran yang tepat dan jelas agar kemudian dapat dianalisis dan disajikan dalam penulisan ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam penyelesaian sengketa jual beli online mengenai dengan kerugian konsumen terhadap transaksi jual beli di tiktokshop. Upaya yang dapat dilakukan konsumen yang dirugikan oleh pelaku usaha dapat mengklaim kerugian yang dialami dan diselesaikan melalui musyawarah antara para pihak. saran, diharapkan pelaku usaha dan konsumen sama-sama mendapatkan keuntungan pribadi dan lebih bertanggung jawab dalam menangani masalah apapun yang timbul yang mengakibatkan kerugian konsumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > 74201 - Program Studi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Anatasyah Mia |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 03:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 03:57 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5439 |
Actions (login required)
View Item |