Rahayu, Siska (2024) Pengaruh Model Inquiry Training Berbantuan Media Assemblr Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SISKA RAHAYU_200730005_COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
SISKA RAHAYU_200730005_Abstrak.pdf

Download (34kB)
[img] Text
SISKA RAHAYU_200730005_Bab I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
SISKA RAHAYU_200730005_Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] Text
SISKA RAHAYU_200730005_PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA ASSEMBLR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Belum maksimalnya ketercapaian kemampuan literasi sains peserta didik maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbantuan media assemblr terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 5 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah total sampling berjumlah 48 peserta didik yaitu 24 peserta didik kelas XI-IPA 1 sebagai kelas kontrol dan 24 peserta didik kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan instrumen non tes berupa wawancara dan instrumen tes berupa soal pretest dan posttest berbentuk esai sebanyak 10 butir soal. Sedangkan, pada analisis data menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata- pretest literasi sains kelas ekperimen yakni kelas XI-IPA 2 sebesar 35.21 dengan nilai posttest sebesar 76.46, sedangkan kelas kontrol yakni kelas XI-IPA 1 nilai rata-rata pretest sebesar 44.63 dengan nilai posttest yaitu 61.25. Hasil uji hipotesis posttest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 dengan taraf signifikansi 0,05. Dari asumsi penarikan keputusan, maka nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model inquiry training berbantuan media assemblr berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Siska Rahayu
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:35
Last Modified: 29 Aug 2024 07:35
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5385

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by