Fadhil, Rizky Ramadhana (2024) ANALISIS PEMBEBANAN PADA DESAIN CHASSIS PROTOTYPE MOBIL LISTRIK HEMAT ENERGI MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR 2019. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
FADHILRIZKYRAMADHANA_190120045_Cover.pdf Download (144kB) |
|
Text
FADHILRIZKYRAMADHANA_190120045_Abstrak.pdf Download (351kB) |
|
Text
FADHILRIZKYRAMADHANA_190120045_Bab 1.pdf Download (992kB) |
|
Text
FADHILRIZKYRAMADHANA_190120045_Daftar Pustaka.pdf Download (484kB) |
|
Text
FADHIL RIZKY RAMADHANA_190120045_Judul Skripsi.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan chassis mobil hemat energi kategori prototype. Pembebanan yang dilakukan dengan beban pengemudi 50 s/d 80 kg terhadap pembebanan statis, akselarasi dan pengereman. Penelitian ini juga sebagai acuan bagi mahasiswa yang akan mengikuti kontes mobil hemat energi untuk mendapatkan rangka yang kuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Finite Element Analysis (FEA) dengan bantuan software Autodekk Inventor 2019. Pada penelitian ini menggunakan material Alumunium 6061 dan jenis chassis ladder frame.Chassis diberi beban pengemudi 50 s/d 80 kg, Bodi 15 kg, dan battery 5 kg. Kemudian didapatkan hasil simulasi berupa tegangan Von Mises, Displacement dan safety factor. Pada simulasi chassis dengan beban pengemudi 50 kg didapatkan nilai von mises, displacement dan safety factor pada pembebanan statik sebesar 84.41 MPa, 2.643 mm dan 3.27, pembebanan akibat akselarasi sebesar 83.59 MPa, 2.601 mm dan 3.3, pembebanan akibat pengereman sebesar 86.23 MPa, 2.738 mm dan 3.2. Untuk beban pengemudi 60 kg pada pembebanan statik sebesar 105 MPa, 3.177 mm dan 2.63, pembebanan akselarasi sebesar 103 MPa, 3.076 mm, dan 2.68, pembebanan pengereman sebesar 105.6 MPa, 3.214 mm dan 2.61. Untuk beban pengemudi 70 kg pada pembebanan statik sebesar 123.2 MPa, 3.595 mm dan 2.24, pembebanan akselarasi sebesar 122.4 MPa, 3.551 mm, dan 2.26, pembebanan pengereman sebesar 125 MPa, 3.69 mm dan 2.21. Serta beban pengemudi 80 kg pada pembebanan statik sebesar 142.6 MPa, 4.071 mm dan 1.4, pembebanan akselarasi sebesar 141.7 MPa, 4.027 mm, dan 1.95, pembebanan pengereman sebesar 144.4 MPa, 4.167 mm dan 1.91. Chassis dengan beban pengemudi 80 kg memiliki nilai safety factor kurang dari 2 sehingga tidak aman untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > 21201 - Jurusan Teknik Mesin |
Depositing User: | Fadhil Rizky Ramadhana |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:37 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:37 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/534 |
Actions (login required)
View Item |