Ristayani, Disky (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KAIN ULOS SUMATERA UTARA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Modul ajar kurikulum merdeka merupakan sebuah dokumen untuk rencana pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas, banyak guru yang belum menerapkan modul ajar berbasis budaya, khususnya budaya kain Ulos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar kurikulum merdeka berbasis etnomatematika kain Ulos Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan model pengembangan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMP Negeri 2 Bilah Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan soal tes berbasis etnomatematika kain Ulos. Instrumen yang digunakan yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi, angket respon siswa, dan tes berbasis etnomatematika kain Ulos. Subjek penelitian meliputi ahli media, ahli materi, siswa kelompok kecil, dan siswa kelompok besar. Desain uji coba yaitu kelompok kecil dengan 6 siswa kelas VII-3 dan uji kelompok besar dengan 31 siswa kelas VII-1. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata sebesar 87% dengan kriteria sangat valid dan ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 93% dengan kriteria sangat valid serta hasil penilaian angket respon siswa kelompok kecil sebesar 87% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon siswa kelompok besar sebesar 86% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes berbasis etnomatematika kain Ulos dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata sebesar 87%. Berdasarkan uraian tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar kurikulum merdeka kain Ulos Sumatera Utara dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut. Kata Kunci: modul ajar, kurikulum merdeka, etnomatematika, kain Ulos

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Disky Ristayani
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:22
Last Modified: 27 Aug 2024 07:22
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by