Nabila, Tasya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 NISAM. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Tasya Nabila: Pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar peserta didik SMA Negeri 1 Nisam. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika, serta menyebabkan peserta didik masih sulit dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Oleh karena itu diberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Posttest-Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Nisam. Adapun yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas ekpserimen dan X-2 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes kemampuan berpikir kritis matematis dan non tes angket kemandirian belajar peserta didik. Analisis data yang digunakan peneliti untuk melakukan uji hipotesis adalah uji non parametrik mann whitney dan data diolah menggunakan spss 25. Berdasarkan hasil signifikan kemampuan berpikir kritis matematis adalah 0,035 <0,05, dengan demikian artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Selanjutnya angket kemandirian belajar peserta didik menggunakan uji t karena data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, hasil nilai angket ditransformasi ke bentuk interval dengan menggunakan bantuan MSI. Hasil signifikasi statistik mann whitney dengan nilai asymp sig (2-tailed) yaitu 0,033 <0,05, maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemandirian belajar peserta didik. Kata kunci: Model Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemandirian Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Tasya Nabila
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:48
Last Modified: 27 Aug 2024 02:48
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by