Suandana, Aodri (2024) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa Menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Full-Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan spasial matematis siswa yang disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah minimnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi matematika yang dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan masalah matematis yang membutuhkan kemampuan spasial, salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan spasial matematis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Exsperimental dengan desain penelitian Posttest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Utara. Adapun yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu posttest kemampuan spasial matematis. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann Whitney U�test berbantuan Software SPSS versi 22 dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis data posttest kemampuan spasial matematis siswa, didapat asymp sig. 0,001. Berdasarkan kriteria uji hipotesis data, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan spasial matematis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kata kunci: GeoGebra, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Spasial Matematis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Aodri Suandana
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:38
Last Modified: 27 Aug 2024 02:38
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by