AL PIANI, MELI (2024) PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NISAM. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
MELI AL PIANI 200740048 COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
MELI AL PIANI 200740048 ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text
MELI AL PIANI 200740048 BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
MELI AL PIANI 200740048 DAPUS.pdf

Download (422kB)
[img] Text
MELI AL PIANI 200740048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

MELI AL PIANI: Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nisam. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Nisam. Keterampilan menulis puisi siswa di sekolah tersebut masih rendah sehingga nilai siswa sebagian besar di bawah KKM 75. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive dua kelas dijadikan sampel yaitu kelas X IPAS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa, dan kelas X IPAS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas adalah penggunaan metode sugesti imajinasi, dan variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Intrumen yang digunakan berupa soal unjuk kerja dan hasil belajar menulis puisi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil posttest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 78,6 mencapai KKM 75. Sedangkan hasil posttest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 69,4 belum mencapai KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, analisis uji t menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25 dengan uji paired sample t- test menujukkan hasil signifikan (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Nisam. Kata Kunci: Sugesti Imajinasi, Menulis, Puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia
Depositing User: Meli Al Piani Meli
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:46
Last Modified: 26 Aug 2024 06:46
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by