Polinawati, Polinawati (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN STUDI KASUS PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
cover.pdf Download (66kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (29kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (207kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text
SKRIPSI POLINAWATI 2024.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Proyeksi pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir menjadi faktor penentu dalam meningkatnya permintaan akan layanan kesehatan. Pelayanan kesehatan di Aceh, khususnya di Lhokseumawe, masih menghadapi tantangan serius salah satu permasalahan yaitu adanya keluhan-keluhan dari pasien yang menyoroti mengenai pelayanan di rumah sakit yang tidak sesuai dengan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kualitas pelayanan (prosedur perawatan medis, proses administrasi, citra rumah sakit, kepercayaan, keselamatan pasien, infrastruktur, kualitas personel, dan tanggung jawab sosial) terhadap kepuasan pasien. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner yang dibagikan langsung kepada pasien di rumah sakit. Analisa data menggunakan program Smart PLS, data dikumpulkan dari 200 pasien dari rumah sakit di kota Lhokseumawe kemudian dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0. Hasilnya menunjukkan bahwa proses administrasi, citra rumah sakit, kepercayaan, infrastruktur, dan kualitas personil berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Sebaliknya, prosedur perawatan medis, keselamatan pasien, dan tanggung jawab sosial tidak secara signifikan mempengaruhi kepuasan pasien. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya meningkatkan dimensi-dimensi tertentu untuk meningkatkan kepuasan pasien. Implikasi penelitian ini menyarankan untuk berfokus pada peningkatan efisiensi administrasi, citra rumah sakit, kepercayaan, infrastruktur, dan kualitas personil untuk memenuhi harapan pasien dengan lebih baik dan membangun kepuasan pasien yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Polinawati Polinawati |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:25 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:25 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4819 |
Actions (login required)
View Item |