Pratiwi, Ildawati Febri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APP CREATOR UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Ildawati Febri Pratiwi_190730065_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
2019_Ildawati Febri Pratiwi_190730065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: 1) Untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan, dan kemudahan produk aplikasi mobile learning berbasis android pada materi Termodinamika yang di kembangkan. 2) Untuk menetahui peningkatan kemampan multireprsentasi siswa kelas XI SMAN 1 Padang Tualang pada materi Termodinamika dengan aplikasi mobile learnig dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D) dengan model Borg and Gall. Metode yang dilakukan yaitu teks dan angket. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA N 1 Padang Tualang yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah nilai kualitatif dan kuantitatif dari hasil validasi media mobile learning dan respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data untuk uji ahli materi memperoleh persentase 95% dengan kriteria “sangat layak”. Untuk uji validasi ahli media memperoleh persentase 95% dengan kriteria “sangat layak”. Serta uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fisika diperoleh persentase 93 % dengan kriteria “sangat layak” dan respon siswa terhadap media mobile learning diperoleh persentase 79% dengan kriteria “menarik dan mempermudah”. Aplikasi mobile learning dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan multirepresentasi siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0.59 atau sebesar 59% dengan “kriteria sedang”. Maka penggunaan aplikasi mobile learning dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi dapat disimpulkan valid, menarik dan mempermudah digunakan sebagai media pembelajaran fisika di SMA kelas XI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Ildawati Febri Pratiwi
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:29
Last Modified: 21 Aug 2024 02:29
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4780

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by