FASYA, MUHAMMAD KEMAL (2023) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SIGLI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas VII SMPN Sigli. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiaan diambil dari kelas VII sebanyak 26 siswa. Dari 26 siswa diambil 4 orang siswa yang akan dijadikan sebagai informan untuk diwawancarai. Pengambilan 4 informan tersebut berdasarkan miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan berdasarkan tinggi rendahnya nilai siswa pada soal tes penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat siswa yang melakukan miskonsepsi pada materi aljabar. Adapun bentuk miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa SMPN 1 Sigli yaitu miskonsepsi pada pengartian huruf (M1), miskonsepsi notasi (M2) dan miskonsepsi penggeneralisasi (M3). Deskripsi dugaan pada M1 yaitu siswa cenderung mengabaikan variabel yang ada pada soal, deskripsi dugaan pada M2 yaitu siswa cenderung memahami operasi penjumlahan sebagai operasi perkalian dan mengabaikan tanda negative dan deskripsi dugaan pada M3 yaitu siswa cenderung tidak memahami konsep materi dan tidak mampu menggunakan metode penyelesaian soal yang benar. Adapun persentase berdasarkan bentuk miskonsespsi yaitu bentuk miskonsepsi M1 sebesar 14%, M2 sebesar 67% dan M3 sebesar 100%. Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa kelas VII SMPN 1 Sigli yaitu kurangnya pemahaman konsep aljabar pada siswa, salah pengaplikasian rumus dan belum pernah belajarnya siswa terhadap materi aljabar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: MUHAMMAD KEMAL FASYA
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:47
Last Modified: 19 Aug 2024 08:47
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by