RAHMA, ADE RAUZATUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN CANVA PADA MATERI BARISAN DAN DERET GEOMETRI KELAS X SMAN 1 NISAM. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (11kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (156kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ADE RAUZATUL RAHMA: Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Canva pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh, 2024. Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu dalam proses belajar mengajar yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan suatu materi kepada siswa dengan jelas dan menarik sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang tersedia di sekolah masih terbatas dan juga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran video animasi berbantuan Canva pada materi Barisan dan Deret Geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Nisam dengan jumlah subjek 6 orang siswa dari kelas X IPAS 2 sebagai subjek uji coba kelompok kecil dan 20 orang siswa dari kelas X IPAS 1 sebagai subjek uji coba kelompok besar. Pengumpulan data untuk kevalidan menggunakan angket validasi dari ahli media dan ahli materi, untuk kepraktisan menggunakan angket respon siswa, dan untuk keefektifan menggunakan instrument tes. Hasil validasi ahli media meperoleh skor sebesar 94% dengan kriteria ”sangat valid” dan validasi ahli materi memperoleh skor 86% dengan kriteria ”sangat valid”. Hasil angket respon siswa kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa memperoleh skor 94% dan hasil uji coba kelompok besar yang terdiri dari 20 siswa memperoleh skor 87% dengan kriteria ”sangat praktis”. Sementara hasil instrumen tes memperoleh skor 100% dengan kriteria ”sangat efektif”. Dengan demikian media pembelajaran video animasi berbantuan Canva pada materi Barisan dan Deret Geometri valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media ajar dalam proses pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ADE RAUZATUL RAHMA |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:10 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:10 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4709 |
Actions (login required)
View Item |