Nurmalis, Nurmalis (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL RESOURCE BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WEB WORDWALL DI SMP NEGERI 1 DEWANTARA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Nurmalis_200710014_Cover.pdf Download (215kB) |
|
Text
Nurmalis_200710014_ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
Nurmalis_200710014_BAB I.pdf Download (411kB) |
|
Text
Nurmalis_200710014_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
|
Text
Nurmalis_200710014_Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Resource Based Learning Berbantuan Aplikasi Web Wordwall di SMP Negeri 1 Dewantara.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan penggunaan teknologi yang masih jarang digunakan untuk proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran dan penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran Resouce Based Learning (RBL) berbantuan aplikasi web wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbantuan aplikasi web wordwall lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis independent samples t test menunjukkan bahwa nilai asym sig (2-tailed) adalah 0,000. Maka dapat disimpulkan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbantuan aplikasi web wordwall lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi lingkaran. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Resource Based Learning (RBL), Web Wordwall.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurmalis Nurmalis Nurmalis |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:51 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:51 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4694 |
Actions (login required)
View Item |