Aulia, Wanda Rizky (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kurangnya rasa percaya diri atau disposisi matematis siswa dalam memecahkan masalah, dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi salah satu alasan yang membuat peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis siswa melalui penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Lhokseumawe pada tahun ajaran 2024/2025. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lhokseumawe. Sampel yang digunakan yaitu VIII-1 (kelas eksperimen) dan VIII-2 (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data pada soal kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji t sampel bebas dan pada angket disposisi matematis menggunakan uji non-parametric Mann Whitney dengan berbantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education dan siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik. Ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education dan siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik. Kata kunci : Pemecahan masalah matematis, Disposisi Matematis, Realistic Mathematics Education (RME).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Wanda WRA Wanda
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:24
Last Modified: 16 Aug 2024 04:24
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4637

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by