Siregar, Faradiba Nauli (2024) Inovasi Pelayanan E-Samsat dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Medan Utara. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
FARADIBA NAULI SIREGAR_200210063_COVER.pdf Download (75kB) |
|
Text
FARADIBA NAULI SIREGAR_200210063_ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
|
Text
FARADIBA NAULI SIREGAR_200210063_BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text
FARADIBA NAULI SIREGAR_200210063_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
FARADIBA NAULI SIREGAR_200210063_INOVASI PELAYANAN E-SAMSAT DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DIKANTOR SAMSAT MEDAN UTARA.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Inovasi Pelayanan E-Samsat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dikantor samsat medan utara. Kurangnya pengguna inovasi pelayanan E-Samsat menjadi fokus masalah dalam inovasi pelayanan E-Samsat, karena ini merupakan inovasi yang dilahirkan untuk mempermudah pelayanan. Perspektif teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari M.Rogers melalui indikator, keunggulan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), diujicobakan (triability), kemudahan diamati (observability). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek keuntungan relatif (relative advantage) dilihat dari segi efesiensi dan efektivitas belum dapat dikatakan efesiensi karena tetap memakan waktu yang hampir sama dengan prosedur pembayaran secara manual. Kedua aspek kesesuaian (compability) inovasi Pelayanan E-Samsat sudah mencakup aspek kesesuaian (compatibilty) dilihat dari segi kesesuaian dengan inovasi sebelumnya dan kesesuain dengan kebutuhan masyarakat. Ketiga aspek kerumitan (complexity) dilihat dari prosedur penggunaanya, terdapat beberapa kekurangan dalam inovasi E-Samsat ini, yaitu ketidaklengkapan tata cara pembayaran. Keempat dari aspek kemungkinan dicoba, maka dilihat dari segi sosialisasi, di kantor samsat medan utara belum adanya dilakukan sosialisasi khusus. Kelima aspek kemudahan diamati, laporan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor juga menunjukkan hasil positif akan penggunaan E-Samsat menunjukkan bahwa inovasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Terdapat beberapa kendala dalam inovasi pelayanan E-Samsat dikantor samsat medan utara seperti faktor internal yaitu SDM yang belum memadai dan kendala jaringan serta faktor Eksternal seperti kurangnya sosialisasi dan juga sarana dan prasarana. Dengan begitu diperlukannya perbaikan guna menyempurnakan inovasi tersebut. Saran penelitian ini yaitu kepada pihak kominfo serta seluruh indikator kantor samsat medan utara untuk memperbaiki inovasi pelayanan e-samsat demi kesempurnaan inovasi ini. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, E-Samsat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63211 - Jurusan Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Faradiba Nauli Siregar |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 07:38 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 07:38 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4635 |
Actions (login required)
View Item |