AZLIKA, LULU (2024) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINGKING SKILL (HOTS). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB 1-5 PART 15 FULL CETAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan Metakognisi berkaitan dengan konsep High Order Thingking Skill (HOTS), dalam konsep HOTS siswa tidak hanya memiliki pemahaman konsep tetapi juga harus mampu menerapkan pengetahuan secara kritis, analitis, reflektif, metakognitif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal High Order thingking Skill (HOTS) dan mengetahui rata-rata kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thingking Skill (HOTS). Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mix method) dengan desain sequential exploratory yang menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitaf secara berurutan. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik XI SMAN Modal Bangsa Arun. Dengan teknik purposive sampling didapatkan kelas XI-6 sebagai subjek penelitian, kemudian dari seluruh subjek akan dipilih 11 siswa dengan 4 tingkatan kemampuan metakognisi dilihat dari hasil jawaban siswa. Adapun teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik yang meliputi uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi pada kelas XI-6 SMAN Modal Bangsa Arun dalam menyelesaikan soal High Order Thingking Skill (HOTS) berada pada tingkatan strategic use atau level cukup pada tingkatan metakognisi dengan persentase 47% atau sebanyak 14 siswa dari 30 siswa. Pada hasil rata-rata kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS diperoleh nilai thitung = -2,501 dan ttabel = 1,699. Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan hipotesis, nilai -ttabel > thitung maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS belum mencapai ketuntasan, karena tidak mencapai 75% dari rata-rata nilai ideal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Lulu Azlika
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:23
Last Modified: 15 Aug 2024 07:23
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4550

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by