Br Ginting, Widia (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Modul Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kemagnetan. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
WIDIA BR GINTING_200730026_Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
WIDIA BR GINTING_200730026_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
WIDIA BR GINTING_200730026_Bab I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
WIDIA BR GINTING_200730026_Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Full Text_WIDIA BR GINTING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Model Pembelajaran Project Based Learning adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam serangkaian aktivitas yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Dalam model ini, peserta didik akan terlibat dalam proses merencanakan, menciptakan, dan menampilkan produk atau solusi untuk menanggulangi masalah yang ada di dunia nyata. Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami perkembangan keterampilan proses sains dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan modul pada materi kemagnetan. Tujuan dari penggunaan modul ini adalah untuk menginspirasi peserta didik agar belajar dengan penuh semangat dan meningkatkan kreativitas mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memanfaatkan metode eksperimen, desain penelitian yaitu quasi eksperimental design dan diterapkan di MTsN 2 Aceh Utara kelas IX semester genap tahun ajaran 2023/2024. Kelas IX-G sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 orang dan kelas IX-A sebagai kelas kontrol berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data diambil melalui pretest posttest dan lembar observasi. 10 butir soal pilihan ganda sebagai pretest posttest dan nilai 0,995 reliabel dengan kategori sangat tinggi. Nilai rata-rata pretest kelas eskperimen dengan nilai 4,18 posttest dengan nilai 8,36 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol dengan nilai 5,77 posttest dengan nilai 8,77. Kemudian uji-t dengan nilai 0,01 < 0,05 serta uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikan 2 tailed 0,202 > 0,05. Hasil observasi menunjukkan bahwa aspek keterampilan proses sains yaitu mengamati (obsservasi) mencapai 100% dan diperoleh N-gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai N-gain peserta didik dan peningkatan dalam berbagai aspek keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan modul pada materi kemagnetan di MTs N 2 Aceh Utara. Kata Kunci: PjBL, KPS, Fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Widia Br Ginting
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:30
Last Modified: 13 Aug 2024 06:30
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4392

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by