Elistiana, Veny (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TEHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
VENY ELISTIANA_200730022_Cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
VENY ELISTIANA_200730022_Bab 1.pdf Download (217kB) |
|
Text
VENY ELISTIANA_200730022_Abstrak.pdf Download (90kB) |
|
Text
VENY ELISTIANA_200730022_Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) |
|
Text
VENY ELISTIANA_200730022_Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Modul Elektronik (E-Modul) merupakan salah satu jenis bahan ajar multimedia interaktif yang disajikan secara elektronik yang memuat gambar, teks, dan video yang disusun secara sistematis yang bermanfaat untuk membentuk proses pembelajran yang lebih kreatif. Proses pembelaran di MAN 3 Aceh Utara saat ini masih menggunakan model konvensional dan guru belum pernah melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajan interaktif seperti e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon, serta peningkatan literasi sains dengan mengembangkan dan penerapan e-modul dalam proses pembelajaran. Metode penelitian pengembangan ini mengacu pada Reseach and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasion, dan Evaluation). Subjek penelitian yaitu kelas XI MIA 3 dengan jumlah 16 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 denagn jumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol dan objek penelitian yang berlokasi di MAN 3 Aceh Utara. Adapun hasil yang diperoleh adalah: 1) Hasil validasi oleh media dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan hasil validasi ahli materi dengan kategori “Sangat Layak”. 2) Hasil respon guru dengan kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon siswa (skala kecil) dengan kategori “Sangat Praktis”. 3) Uji N-Gain yang dilakukan dikelas XI MIA 3 (Eksperimen) diperoleh hasil sebesar 0,78 dengan persentase 78% masuk kedalam kategori “Tinggi”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Veny Elistiana |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:27 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4298 |
Actions (login required)
View Item |