BR BANGUN, FRISKA (2024) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LAB PHET PADA PEMBELAJARAN FISIKA GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
FRISKA BR BANGUN_200730001_COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Text
FRISKA BR BANGUN_200730001_abstrak.pdf

Download (219kB)
[img] Text
FRISKA BR BANGUN_200730001_bab 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
FRISKA BR BANGUN_200730001_Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
FRISKA BR BANGUN_200730001_Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab phet pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan Virtual Lab PhET di MAS Ulumuddin Lhokseumawe, Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain non equivalent control group. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling terdiri dari 50 siswa, di mana 25 siswa dari kelas XI-D sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa dari kelas XI-C sebagai kelas kontrol di MAS Ulumuddin Lhokseumawe. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes soal pilihan ganda dan non-tes berupa angket. Untuk analisis data, dilakukan uji prasyarat seperti uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dan NGain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Posttest eksperimen 80,52 dan nilai rata-rata Posttest kelas kontrol yaitu 67,52. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunkan uji parametrik yaitu independent t-Test, diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,001 lebih kecil dari signifikan 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Virtual Lab PhET terhadap peningkatan pemahaman konsep. Sedangkan hasil rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen yaitu 0,7, termasuk kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen yang menerapkan model Problem Based Learning berbantuan Virtual lab PhET.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Friska Br Bangun
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:24
Last Modified: 09 Aug 2024 02:24
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by