Hidayah, Nurul (2024) Aktivitas Customer Relationship Management MBA Corporation Banda Aceh Dalam Menjaga Loyalitas Pengguna Jasa Event Organizer. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (117kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) |
|
Text
Full-Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menggambarkan bagaimana aktivitas Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan oleh MBA Corporation di Banda Aceh untuk menjaga loyalitas pengguna jasa. Pada penenlitian ini Model SOSTAC sebagai kerangka analisis yang diintegrasikan dengan komponen CRM utama, yaitu manusia, teknologi, dan proses. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBA Corporation telah berhasil memelihara loyalitas pelanggan melalui kombinasi strategi, taktik dan tahap control yang disesuaikan dengan kondisi dan tujuan perusahaan. Peran manusia dalam interaksi langsung dengan pelanggan, implementasi teknologi CRM yang mampu berkembang mengikuti segmentasi pasar dan perkembangan teknologi, dan proses yang terstruktur dan efisien sangat berpengaruh dalam keberhasilan upaya menjaga loyalitas pelanggan. Dalam konteks ini, Dinas Syariat Islam Aceh, sebagai pengguna jasa, menunjukkan sikap loyalitas tindakan terhadap layanan yang diberikan. Sementara itu, Dinas Koperasi dan UKM Aceh menunjukkan loyalitas konatif dalam mendukung layanan yang disediakan oleh MBA Corporation. Implikasi dari temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan dalam mengoptimalkan aktivitas CRM mereka untuk mencapai tujuan bisnis dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Kata Kunci : Customer Relationship Management, MBA Corporation, Loyalitas, Pengguna Jasa, Penyelenggara Acara, Model SOSTAC
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nurul Hidayah |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:06 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 04:06 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4077 |
Actions (login required)
View Item |