Amani, Tengku Naila (2024) Inovasi Pelayanan Melalui Program Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan (TERSIPU) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tamiang. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan berupa gagasan atau ide kreatif orisinis atau adaptasi atau modifikasi yang memberikan manfaat langsung atau tidak langsung bagi masyarakat. Inovasi tidak harus berupa penemuan baru, melainkan pula mencakup pendekatan baru, perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi pelayanan publik yang ada. Fokus penelitian ini adalah Inovasi Program TERSIPU di Disdukcapil Aceh Tamiang yang belum berjalan maksimal dilihat dari indikator keuntungan relatif, kesesuaian dan kerumitan. Kedua, apa saja faktor penghambat program TERSIPU di Disdukcapil Aceh Tamiang, dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab inovasi program TERSIPU di Disdukcapil Aceh Tamiang belum berjalan maksimal dan untuk mengetahui faktor penghambat dari program TERSIPU di Disdukcapil Aceh Tamiang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis yang menggunakan metode kualitatif bersifat induktif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program TERSIPU di Disdukcapil Aceh Tamiang belum berjalan maksimal. Dilihat dari indikator keuntungan relatif menunjukkan bahwa pelayanan dilakukan dengan sistem jemput bola dimana masyarakat tidak perlu datang ke kantor melainkan pegawai kantor yang turun langsung ke lapangan. Pada indikator kesesuaian sudah sesuai dengan permasalahan yaitu mengenai pegawai yang kurang ramah saat melayani masyarakat. Dilihat dari indikator kerumitan, program TERSIPU belum maksimal dikarenakan jumlah pegawai yang turun langsung ke lapangan tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang ada di desa dan kendala pada jaringan menyebabkan penyelesaian dokumen tidak tepat waktu. Hambatan pada penelitian ini dilihat dari faktor internal dimana program TERSIPU hanya bergantung pada anggaran pusat dan faktor eksternal nya adalah terdapat desa yang masyarakatnya kurang serius saat program TERSIPU dilaksanakan menyebabkan masyarakat desa tidak 100% lengkap dokumen administrasi kependudukannya. Optimalisasi pelayanan yang sudah berjalan dengan baik ini diharapkan hingga kedepannya tetap berjalan dengan baik. Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan dan Administrasi Kependudukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Tengku Naila Amani
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:27
Last Modified: 07 Aug 2024 03:27
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by