Rahmadani, Lestari Kurnia (2024) Preferensi Konsumen Terhadap Buah Jeruk di Toko Ali Buah Group Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Lestari Kurnia Rahmadani_200320019_Cover.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Lestari Kurnia Rahmadani_200320019_Abstract.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Lestari Kurnia Rahmadani_200320019_Bab 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Lestari Kurnia Rahmadani_200320019_Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Lestari Kurnia Rahmadani_200320019_Preferensi Konsumen Terhadap Buah Jeruk di Toko Ali Buah Group Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Buah jeruk (Citrus sp) merupakan salah satu komoditas buah unggulan nasional yang sangat beragam jenisnya dan pada umumnya digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebelum melakukan pembelian buah jeruk, konsumen mempertimbangkan berbagai atribut yang ada pada buah jeruk. Adanya perbedaan atribut buah jeruk tersebut mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih buah jeruk mana yang dapat memenuhi keinginan dan kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi buah jeruk. Sampel konsumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap kombinasi level atribut buah jeruk di toko Ali Buah Group Kecamatan Kuala dan urutan tingkat kepentingan atribut buah jeruk dalam keputusan pembelian buah jeruk di toko Ali Buah Group Kecamatan Kuala. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis konjoin. Beberapa atribut yang menjadi pertimbangan konsumen yaitu jenis, rasa, ukuran, dan tekstur kulit. Hasil penelitian ini menunjukkan kombinasi level atribut buah jeruk yang menjadi preferensi konsumen berdasarkan nilai utility yaitu buah jeruk dengan jenis jeruk madu (1,638), rasa manis (1,372), berukuran besar (0,316) dan bertekstur kulit halus (0,353). Serta urutan tingkat kepentingan atribut yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam melakukan pembelian buah jeruk berdasarkan nilai penting relatif (NPR) yaitu yang pertama pada atribut jenis buah jeruk (47,108), kemudian rasa buah jeruk (35,736), tekstur kulit buah (8,821) dan pertimbangan konsumen yang paling terakhir dalam membeli buah jeruk adalah ukuran buah jeruk (8,334). Kata kunci : Preferensi, Jeruk, Konsumen, Analisis Konjoin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > 54201 - Jurusan Agribisnis
Depositing User: Lestari Kurnia Rahmadani
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:28
Last Modified: 02 Aug 2024 02:28
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3875

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by