ELIZA, NURI (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA BERBANTUAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Nuri Eliza_200720003_Cover.pdf Download (114kB) |
|
Text
NURI ELIZA_200720003_Abstrak.pdf Download (250kB) |
|
Text
NURI ELIZA_200720003_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
NURI ELIZA_200720003_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
NURI ELIZA_200720003_Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Nuri Eliza: Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Kesalahan konseptual atau miskonsepsi adalah persepsi seseorang yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah yang diakui oleh para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa kelas XI pada materi kesetimbangan kimia berbantuan Certainty of Response Index (CRI) menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAS Syamsuddhuha sedangkan yang menjadi sampel adalah satu kelas yaitu kelas XI IPA 3. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda disertai alasan dan dilengkapi dengan skala CRI yang diberikan setelah adanya perlakuan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa, 100% dari 4 kategori tingkat pemahaman siswa secara keseluruhan butir soal sebanyak 43,14% siswa yang mengalami miskonsepsi dari jumlah sampel. Ragam miskonsepsi yang dialami siswa pada indikator materi kesetimbangan kimia diantaranya: kesetimbangan dinamis 33,33%, tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) 46,30%, tetapan tekanan parsial 61,11%, hubungan antara Kc dan Kp 38,89%, derajat disosiasi 33,33%, arah pergeseran kesetimbangan menurut rinsip Le Chatlier 65,74%, dan kesetimbangan kimia dalam industri 38,89%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi miskonsepsi pada siswa dalam memahami konsep kesetimbangan. Kata Kunci: Miskonsepsi, Kesetimbangan Kimia, Certainty of Response Index (CRI)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nuri Eliza Nuri Eliza |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:41 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:41 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3651 |
Actions (login required)
View Item |