Yanti, Ima Juli (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Komik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
IMA JULI YANTI_200710007_Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Text
IMA JULI YANTI_200710007_Abstrak.pdf

Download (57kB)
[img] Text
IMA JULI YANTI_200710007_Bab 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
IMA JULI YANTI_200710007_Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
IMA JULI YANTI_200710007_Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Komik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

IMA JULI YANTI: Pengaruh Model Pembelajan Problem Based Learning Berbantuan Media Komik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh 2024. Kemampuan untuk memecahkan masalah matematika adalah salah satu keterampilan yang sangat penting bagi siswa untuk dikuasai. Namun, kenyataannya kemampuan ini masih tergolong rendah di kalangan siswa. Salah satu metode pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan ini adalah pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media komik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eskperimental design dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAS Syamsuddhuha yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu metode pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Dalam purposive sampling, anggota sampel dipilih karena memiliki karakteristik yang homogen, dan dipilih berdasarkan waktu pelaksanaan serta kelas yang memungkinkan untuk penelitian. Dalam penelitian ini, kelas X-4 dengan 23 siswa digunakan sebagai kelas eksperimen, sementara kelas X-1, yang juga terdiri dari 23 siswa, berfungsi sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, dan uji hipotesis non parametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian uji hipotesis non parametrik uji Mann-Whitney diperoleh nilai signifikan sebesar 0,017 H_(o )ditolak dan H_(a ) diterima dikarenakan nilai signifikannya kurang 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media komik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Komik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Ima Juli Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:33
Last Modified: 23 Jul 2024 04:33
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by