PERDANA, TEGUH (2001) ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK SIMETRIS MENGGUNAKAN SOFTWARE PTV VISSIM DENGAN METODE PKJI 2014 (Studi Kasus : Simpang IV MTSN Model Meulaboh). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
1 COVER.pdf Download (266kB) |
|
Text
11 ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
13 BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
18 KEPUSTAKAAN.pdf Download (352kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Simpang tak bersinyal MTSN Model Meulaboh adalah simpang yang mempunyai tipe 422 dimana 4 lengan simpang, 2 lajur jalan mayor, 2 lajur jalan minor. Tataguna lahan pada daerah simpang adalah kawasan sekolah, perkantoran dan pertokoan, hal ini yang membuat simpang MTSN Model Meulaboh selalu mengalami kemacetan lalu lintas pada saat jam operasional sekolah berlangsung. Simpang tak bersinyal MTSN Model Meulaboh juga merupakan akses utama jalan untuk anak-anak kesekolah dan perkantoran serta aktivitas lain warga sekitar. Kemacetan di simpang tersebut bertambah parah akibat tidak disiplinnya kendaraan yang antar jemput anak sekolahan yang akan ke sekolah dan parkir kendaraan bermotor sembarangan. Uraian permasalahan di atas pentingnya untuk melakukan penelitian di simpang tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja pada simpang MTSN Model Meulaboh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja simpang tak bersinyal dengan menggunakan metode PKJI 2014 dan juga akan melakukan pemodelan simulasi dengan menggunakan perangkat lunak PTV Vissim guna untuk meningkatan kinerja dari simpang tak bersinyal tersebut. Survey pengambilan data dilakukan selama 2 minggu guna untuk mencari volume tertinggi atau jam puncak yang nantinya data tersebut akan di analisis dengan metode PKJI 2014 dan disimulasi dengan perangkat lunak PTV Vissim. Hasil volume lalu lintas tertinggi didapat pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 pada selang waktu 17.00 - 18.00 dengan arus lalu lintas (Q) sebesar 1312,8, kapasitas (C) sebesar 2417,53 skr/jam, derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,92, tundaan (T) sebesar 16,28 det/skr, peluang antrian (PA) sebesar 34% – 67%, dan tingkat pelayanan C. Alternatif yang baik dilakukan pemasangan Apill, dikarenakan dapat mengurangi kemacetan dan konflik pada simpang MTSN Model Meulaboh
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Teguh Perdana |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:07 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:07 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3338 |
Actions (login required)
View Item |