NINGSIH, EVA FITRIA (2024) PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PLATFORM SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I UNIVERSITAS MALIKUSSALEH). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
cover skripsi_Eva Fitria Ningsih.pdf Download (114kB) |
|
Text
Abstrak_Eva Fitria Ningsih.pdf Download (206kB) |
|
Text
Bab 1_Eva Fitria Ningsih.pdf Download (322kB) |
|
Text
daftar referensi_Eva Fitria Ningsih.pdf Download (191kB) |
|
Text
Skripsi_Eva Fitria Ningsih.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh informativeness, entertainment, irritation dan source credibility terhadap niat beli konsumen pada platform shopee (studi kasus pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh). Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan teknik purpose sampling (sampling jenuh) dengan jumlah responden sebanyak 160 orang. Data primer dalam penelitian ini diambil dengan cara wawancara dan menyebarkan kuesioner, dan data skunder yang diperoleh dari jurnal dan media internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji instrumen (validitas dan reliabilitas), pengujian hipotesis dengan menggunakan program SPSS 27.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan informativeness, entertainment, irritation, dan source credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen pada platform shopee. Secara parsial, masing-masing variabel yaitu informativeness, entertainment, irritation dan source credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen pada platform shopee. Informativeness merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi niat beli konsumen pada platform shopee. Implikasi manajerial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatkan informativeness, entertainment, irritation dan source credibility terhadap niat beli konsumen dalam melakukan belanja online khususnya platform shopee. Shopee harus terus memanfaatkan variabel tersebut sehingga membuat niat beli konsumen semakin baik. Semakin tinggi intensitas penerapan viral marketing tentunya semakin menarik perhatian dari konsumen dan semakin tinggi pula niat beli konsumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Eva Fitria Ningsih |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 07:52 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 07:52 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2953 |
Actions (login required)
View Item |