Nuzulina, Nuzulina (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID PADA KURIKULUM MERDEKA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (34kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (102kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
Text
NUZULINA_190720022_Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP Menggunakan Media Pembelajaran Android Pada Kurikulum Merdeka.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis android berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian guru, (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan, (4) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada materi kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dimana model ini terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap awal penilaian produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media kemudian dilakukan revisi. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba kelayakan oleh 3 guru dan respon siswa oleh 28 orang siswa kelas IX. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan uji validitas dari validator ahli materi dapat disimpulkan bahwa keseluruhan persentase rata-rata 87% dengan kategori “Sangat Baik”, dan ahli media sebesar 83% dengan kategori “Baik”. (2) Berdasarkan uji kelayakan dari guru dapat disimpulkan bahwa keseluruhan persentase rata-rata adalah 95,8% dengan kategori “Sangat Baik”. (3) Persentase rata-rata respon siswa diperoleh sebesar 89% dengan kategori “Sangat Baik”. (4) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan media pembelajaran berbasis android diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 27,51 dan posttest sebesar 81,19 dengan hasil penilaian observer sebesar 69,21 dalam kategori “Baik”. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan mampu memberikan peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nuzulina Nuzulina |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 05:07 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 05:07 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2804 |
Actions (login required)
View Item |