Handayani, Cut Intan Mega (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI GAME BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN EFIKASI DIRI PADA MATERI HIDROKARBON. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media android terintegrasi Game Based Learning terhadap hasil belajar kognitif dan efikasi diri siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas XI pada materi hidrokarbon di SMA Negeri 1 Gandapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gandapura sedangkan yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas XI IPAS 3 sebagai kelas experimen berjumlah 28 orang dan kelas XI IPAS 4 berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang telah divalidasi dan angket efikasi diri yang telah diadaptasi yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Teknik analisis data yaitu melakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji Levene test dan pengujian hipotesis menggunakan uji non-parametriks berbantuan software SPSS 22. Sedangkan data efikasi diri menggunakan uji parametriks t-test independen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji non-parametrik mann-whitney-test diperoleh signifikan 0,000 < taraf sig 0,05 ini berarti bahwa H1 diterima. menunjukan bahwa terdapat pengaruh media android terintegrasi Game Based Learning terhadap hasil belajar kognitif. Sedangkan data efikasi diri menggunakan uji parametriks t-test independen diperoleh signifikan 0,000 < taraf sig 0,05 ini berarti bahwa H1 diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh media android terintegrasi Game Based Learning terhadap hasil belajar. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menerapakan pembelajaran menggunakan media android terintegrasi Game Based Learning pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Intan Mega Handayani
Date Deposited: 06 May 2024 06:40
Last Modified: 06 May 2024 06:40
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by