Alhamra, Angga (2024) Studi Perbandingan Unjuk Kerja Mesin Diesel Dengan Bahan Bakar Campuran Pertamina Dex-50% Biodiesel Menggunakan Etanol Dan Metanol Sebagai Aditif. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Angga Alhamra_190120126_Cover.pdf Download (101kB) |
|
Text
Angga Alhamra_190120126_Abstrak.pdf Download (95kB) |
|
Text
Angga Alhamra_190120126_Bab I.pdf Download (106kB) |
|
Text
Angga Alhamra_190120126_Daftar Pustaka.pdf Download (123kB) |
|
Text
Angga Alhamra_190120126_Studi Perbandingan Unjuk Kerja Mesin Diesel Dengan Bahan Bakar Campuran Pertamina Dex-50% Biodiesel Menggunakan Etanol Dan Metanol Sebagai Aditif.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK Meningkatnya penggunaan mesin diesel menyebabkan penggunaan bahan bakar fosil juga meningkat. Hal ini dapat menyebabkan krisis energi karena jumlah bahan bakar fosil di bumi yang terus berkurang. Selain itu penggunaan bahan bakar fosil khususnya solar berdampak buruk terhadap lingkungan dari emisi gas buang yang dihasilkan. Penggunaan biofuel seperti biodiesel,etanol dan metanol menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi krisis energi maupun pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan etanol dan metanol dengan konsentrasi (5 – 10) % ke dalam bahan bakar Pertamina Dex– 50% biosolar (B50) terhadap karakteristik bahan bakar dan unjuk kerja mesin diesel. Dalam penelitian ini, digunakan mesin diesel Direct Injection (DI) 1 silinder untuk mengetahui kinerja mesin pada putaran mesin 1500 – 3500 RPM yang kemudian diberikan pembebanan menggunakan dynamometer eddy current. Unjuk kerja mesin diesel dalam penelitian ini meliputi torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesifik dan efesiensi termal. Hasil penelitian ini menunjukkan perubahan karakteristik dari bahan bakar yang dicampurkan. Karakteristik bahan bakar yang berubah adalah LHV, Cetane Number, Densitas, dan Viskositas. LHV tertinggi didaptakan pada campuran B50 dengan nilai 47326,4 kJ/kg dan yang terendah pada bahan bakar B50E10M10 dengan nilai 41020,3 kJ/kg. begitu juga dengan karakteristik lain semakin tinggi konsentrasi etanol dan metanol yang ditambahkan semakin berkurang nilai masing – masing karakteristik. Hasil pengujian unjuk kerja dengan bahan bakar campuran mendapatkan hasil torsi terbesar pada bahan bakar B50E10M5 sebesar 42,25 N.m, dan yang terkecil pada bahan bakar campuran B50E5M5 sebesar 15,08 N.m. Daya terbesar didapatkan sebesar 11,81 kW dengan bahan bakar B50E10M5 dan daya terendah sebesar 5,64 kW pada bahan bakar B50E10M10. Sedangkan untuk efesiensi didapatkan sebesar 37,51 % pada bahan bakar B50E10M5 dan 13,47% pada bahan bakar B50E5M5. Kata Kunci: Mesin diesel, Biofuel, Fuel properties, Etanol, Metanol, Unjuk kerja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > 21201 - Jurusan Teknik Mesin |
Depositing User: | Angga Alhamra |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 03:01 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 03:01 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1830 |
Actions (login required)
View Item |