PUTRI, REGINA ARDIWA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER ( Studi Deskriptif Pada Murid SMP NEGERI 8 Lhokseumawe). S1 thesis, universitas malikussaleh.
|
Text
cover.pdf Download (102kB) |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (94kB) |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (254kB) |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (172kB) |
|
|
Text
REGINA ARDIWA PUTRI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang strategi komunikasi guru dalam membentuk pendidikan berkarakter pada murid SMP N 8 Lhokseumawe, dengan tujuan untuk memahami strategi komunikasi guru dalam membentuk pendidikan berkarakter pada wilayah SMP Negeri 8 Lhokseumawe, serta mengidentifikasi hambatanhambatan yang terjadi dalam proses tersebut. Latar belakang penelitian menunjukkan pentingnya komunikasi yang efektif antara guru dan murid untuk kemajuan lembaga pendidikan dan pembentukan karakter.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi Informasi penelitian meliputi guru BK, guru agama, Kaur Kesiswaan, wali kelas, dan murid . Data dianalisis menggunakan pengurangan data, penyajian data, dan penarikan impulsif . Penelitian ini juga menerapkan teori pendidikan karakter Thomas Lickona, yang berfokus pada moral knowing (pengetahuan moral), moral feeling (perasaan moral), dan moral behavior (perilaku moral).Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi guru di SMP Negeri 8 Lhokseumawe dilakukan secara terstruktur dan berorientasi pada pembentukan karakter, dimulai dengan perencanaan yang matang, pendekatan pribadi, dan kolaborasi antar guru . Guru tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga membangkitkan empati dan keanggotaan murid untuk menerapkan nilai-nilai karakter dalam perilaku nyata. Hambatan yang dihadapi meliputi gangguan psikologis (kurangnya dukungan keluarga), hambatan teknis (keterbatasan media dan metode komunikasi yang kurang efektif), dan hambatan budaya (perbedaan nilai antara sekolah dan rumah) jadi guru strategi komunikasi di SMP Negeri 8 Lhokseumawe secara signifikan berkontribusi pada pembentukan karakter murid melalui perencanaan, manajemen, dan penerapan pendekatan Thomas Lickona. Meskipun demikian, lingkungan pendidikan, teknis, dan budaya memerlukan perhatian lebih lanjut untuk mengoptimalkan proses pendidikan karakter secara menyeluruh. Guru perlu lebih memperhatikan kondisi murid, memanfaatkan media pembelajaran yang interaktif, dan menjalin hubungan terbuka dengan orang tua untuk mengatasi tantangan tersebut.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | regina ana Suharni |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:24 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:24 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/17285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




